Edukasi Kesehatan Gigi & Kesehatan Reproduksi Untuk Para Murid SD Maria Immaculata Cilacap


RSU Santa Maria Road To School
merupakan program kegiatan baru yang dilakukan oleh RSU Santa Maria Cilacap. Kegiatan ini adalah salah satu dari rangkaian kegiatan HUT ke 150 tahun PBHK. Dalam kegiatan ini Tim Promosi Kesehatan RS bersama dengan dokter maupun tenaga medis lainnya melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah yang berada di kota Cilacap untuk memberikan edukasi mengenai Kesehatan.  

Pada tanggal 21 November 2023 kemarin, Tim RSU Santa Maria Road To School berkunjung ke SD Maria Immaculata Cilacap bersama dengan drg. Yohanna M. Tanjung (Dokter Gigi di RSU Santa Maria Cilacap) dan dr. Agnes Yessy (Dokter Umum RSU Santa Maria Cilacap) untuk memberikan edukasi tentang Kesehatan Gigi dan Kesehatan Reproduksi pada anak. 

Edukasi tersebut dibagi mejadi 2 sesi. Sesi pertama diperuntukan para murid kelas 1-3 tentang Kesehatan Gigi, dan sesi ke dua diperuntukan para murid kelas 4-6 tentang Kesehatan Gigi dan Kesehatan Reproduksi. Edukasi Kesehatan Gigi yang diberikan oleh drg. Yohanna bertujuan supaya para murid dapat menjaga Kesehatan gigi sehingga terhindar dari sakit gigi. Apalagi para murid SD kelas 1 sampai dengan kelas 6 yang terdiri dari anak-anak usia 7 sampai dengan usia 12 tahun pasti gemar sekali  mengkonsumsi makanan manis. Oleh karena itu, drg. Yohanna memberikan edukasi bagaimana anak-anak dapat merawat dan menjaga Kesehatan gigi mereka dengan baik, dengan membatasi makanan manis, edukasi cara menggosok gigi yang baik dan benar serta bagaimana anak-anak harus mengkonsumsi makanan serta minuman yang bernutrisi untuk Kesehatan gigi mereka. 

Setelah edukasi Kesehatan Gigi, dilaksanakan edukasi tentang Kesehatan Reproduksi yang diberikan oleh dr. Agnes Yessy dan diperuntukan murid-murid kelas 4 sampai dengan kelas 6. Tujuan dari pemberian edukasi yang diberikan oleh dr. Agnes ini adalah supaya anak-anak sedari dini mengerti, mengenal dan dapat menjaga bagian tubuh mereka yang sangat penting. Hal ini juga merupakan edukasi yang baik khususnya untuk murid-murid yang mulai memasuki masa pubertas. Pubertas adalah fase pertumbuhan dimana akhirnya anak mengalami atau mencapai kematangan reproduksinya. Pada masa pubertas, system tubuh lain juga matang selama periode ini. Di masa pubertas ini, otak juga akan mengalami perkembangan yang cepat. Oleh karena itu, edukasi dan pendampingan sangat dibutuhkan di masa pubertas.

Sambutan yang meriah dan antusias dari para murid membuat suasana belajar ini menjadi sangat menyenangkan. Sambutan dari Kepala Sekolah dan para pengajar serta dukungan dalam mengarahkan para murid selama kegiatan juga begitu luar biasa, sehingga acara edukasi ini berjalan lancar dan sangat baik. Tim RSU Santa Maria Road To School berharap kegiatan edukasi ini dapat bermanfaat bagi para murid SD Maria Immaculata Cilacap. 

RSU Santa Maria Road To School siap jalan-jalan sehat, semangat, bermanfaat dan penuh berkat!