Profil RSU Santa Maria Cilacap

“Pelayan Hidup Sehat Anda Dengan Penuh Cinta Kasih”

Rumah Sakit Umum Santa Maria Cilacap adalah perwujudan kelanjutan karya suster-suster Tarekat Putri Bunda Hati Kudus (PBHK) atau dalam bahasa latin disebut Filiae Dominae Nostrae a Sacro Corde (FDNSC) yang berpusat di Issoudun, Perancis.

Pada tanggal 4 Juni 1928, para suster PBHK datang dari negeri Belanda ke Pulau Jawa dengan tujuan menyelenggarakan pendidikan dan perawatan orang sakit terutama bagi rakyat kecil. Selanjutnya dalam usaha karya kerasulannya, para suster menyebar ke berbagai kota di Jawa antara lain Purworejo, Wonosobo, Tegal, Cilacap dan kota lainnya.

Pada pertengahan bulan Juni 1931 untuk pertama kalinya para suster PBHK tiba di Cilacap. Para suster memulai karya kerasulan dibidang pendidikan dasar. Karena keadaan perang pada tahun 1942, para suster misionaris ini terpaksa meninggalkan Cilacap dan harus menjalani interniran di kamp pengamanan di Muntilan. Dan pada bulan November 1949 para Suster kembali ke Cilacap setelah melalui pembicaraan dengan Uskup Mgr. Schoemaker dan mendapat persetujuan dari pemimpin umum. Selama para Suster PBHK mempersiapkan diri untuk kembali ke Cilacap, para Suster Putri Darah Mulia dari Kutoarjo, menggantikan mereka dan memulai dengan sebuah Taman Kanak Kanak dan Sekolah Dasar.

Pada tanggal 27 Desember 1949 para suster PBHK dari Tegal berangkat menuju ke Cilacap untuk melanjutkan karya kerasulan yang telah ditinggalkan selama kurang lebih dua puluh tahun, setelah melalui perjalanan yang sulit karena situasi, akhirnya para suster tiba di Cilacap tanggal 29 Desember 1949. Pada tahun 1969 para Suster PBHK menanggapi kebutuhan masyarakat melalui karya kerasulan baru dibidang kesehatan dengan didirikan Balai Pengobatan Santo Yosep dan Rumah Bersalin Santa Maria di jalan Melati nomor 25 Cilacap.

Setelah melalui beberapa kali pembicaraan, pertimbangan, masukan dari masyarakat, dan belajar dari beberapa sumber, maka Dewan Pimpinan para suster PBHK memutuskan BP Santo Yusup dan RB Santa Maria Cilacap dikembangkan menjadi Rumah Sakit Umum Santa Maria yang beralamat di jalan Ahmad Yani nomor 38 Cilacap, hingga sekarang.

Visi

Rumah Sakit Umum Santa Maria Cilacap berkomitmen untuk menjadi rumah sakit tipe C pilihan pertama yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan berkualitas dan profesional dengan penuh cinta kasih di kabupaten Cilacap pada tahun 2025.

Misi

Rumah Sakit Umum Santa Maria Cilacap mempunyai misi sebagai berikut:

Memberikan pelayanan kesehatan berdasarkan komitmen untuk meningkatkan kualitas secara berkesinambungan.

  1. Memberikan pelayanan kesehatan menyeluruh didalam lingkungan yang ramah, adil, profesional, dan menghormati kehidupan sejak konsepsi dengan mengedepankan semangat kasih tanpa membeda-bedakan suku bangsa, agama, jenis kelamin dan status sosial ekonomi.
  2. Memandang seluruh stakeholder sebagai mitra karya dengan memberdayakan dan meningkatkan kinerja sehingga memiliki loyalitas tinggi, dan berkomitmen untuk berkarya secara profesional demi kepuasan semua pihak.
  3. Mengembangkan kemampuan dalam menyediakan fasilitas pelayanan yang terjangkau oleh masyarakat kabupaten Cilacap guna peningkatan pelayanan.

INFO LAINNYA

Total Tempat Tidur
MAWARJUMLAH
VVIP3
VIP2
Kelas I2
Kelas II4
Kelas III7
Observasi2
20
VK3
  
MELATI
VIP2
Kelas I7
Kelas II4
Kelas III12
Isolasi3
28
  
ALAMANDA
VVIP D4
VVIV A6
Kelas I4
Kelas III8
22
  
HCU2
PERINATOLOGI17
3
20
  
Total TT Tanpa Neonatus72
Total TT Dengan Neonatus92
Total VVIP Dewasa7
Total VVIP Anak6
Total VIP Dewasa4
Total Kelas I Dewasa9
Total Kelas I Anak4
Total Kelas II Dewasa8
Total Kelas III Dewasa19
Total Kelas III Anak8
Total Ruang Observasi2
Total Ruang Isolasi3
HCU2
BOR, TOI, LOS
BOR58,03
TOI2,1
LOS2,8

GALERI